Senin, 14 Mei 2018

6 Trik cerdas untuk mengolah buah-buahan kecut dan sepat


penjualan nanas madu pemalang - Sering salah beli buah yang nyatanya masih tetap mentah atau sepat? Buah yang begini memang kurang sedap buat disantap segera. Namun bukanlah bermakna tidak dapat dibuat jadi makanan yang lezat di lidah, lho.

Bagaimana caranya mengakali bila kita memperoleh buah mangga atau apel yang terlalu asam? Berikut ini trick yang dapat diaplikasikan.

Menjadikan manisan

Buah-buahan dengan rasa sepat yang tajam seperti salak, mangga muda, dan kedondong biasanya dibuat jadi manisan. Cukup urapi buah yang telah iris dengan gula pasir, lalu diamkan semalaman atau sekian hari sampai daging buah keluarkan air. Bila sukai, berikan cabai rawit yang telah ditumbuk.

Menjadikan selai

Buah yang kecut juga pas jadikan selai. Misalnya saja nanas, apel, kiwi, dan strobery. Anda tinggal memasak parutan buah dan gula dengan perbandingan 1 : 1 atau 2 : 1 (sesuai selera). Berikan beberapa sendok air lemon dan pectin (semacam gelatin nabati) dan jadilah selai yang lezat. Olahan buah seperti ini dapat juga disimpan lebih lama.

Masak jadi setup buah

Setup buah yang umum dihidangkan di pesta atau resepsi dapat juga jadikan jalan keluar untuk membuat buah-buahan yang kecut, misalnya saja nanas, apel, dan mangga masak yang kecut.

Cukup panasi air dan gula dengan ukuran 3 : 1 atau sesuai selera, berikan sejumput cengkeh dan kayu manis. Masukan buah yang telah dipotong kotak-kotak setelah air gula mendidih. Masak selama 2 menit, lalu angkat. Hidangkan dalam kondisi hangat atau dingin dengan es batu.

Menjadikan kombinasi kue atau puding

Buah yang asam juga akan terasa lebih enak bila dibuat dengan kue. Tumis apel dengan sedikit gula dan kayu manis dan anda dapat membuatnya isian crepe atau apple pie. Strobery, kiwi, dan jeruk asam dapat juga jadikan kombinasi puding fresh, mousse, milkshake, atau topping cake.

Olah jadi rujak buah atau salad

Saat cuaca panas anda dapat membuat mangga muda, kedondong, apel, dan belimbing jadi rujak buah. Tinggal diserut dan digabung rebusan gula merah dan cabai, jadilah rujak serut yang fresh. Dapat pula disantap dengan saus kacang yang dihaluskan dengan gula merah, cabai, dan bawang putih. Rujak kuah pindang yang punyai kuah gurih dengan terasi, bawang putih, dan gula juga pas untuk rekan makan si buah kecut.

Diluar itu anda dapat membuat potongan buah yang asam dengan saus salad yang menguasai manis. Berikan susu kental manis dan parutan keju cheddar pada mayones, lalu hidangkan dengan potongan buah fresh.

Olah jadi sambal

Tidak harus dibuat jadi panganan manis, buah yang memiliki rasa asam pasti akan terasa lezat bila dibuat jadi sambal. Buat kombinasi sambal terasi (tanpa ada tomat) dengan irisan mangga muda, apel, atau nanas. Hidangkan dengan lauk dan nasi panas. Dijamin buat makan semakin lahap.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.