Kamis, 17 Mei 2018

10 Tips Jitu Agar Kerja Lebih Semangat dan Produktif

10 Tips Jitu Agar Kerja Lebih Semangat dan Produktif

sepatu safety murah - Produktivitas yaitu kunci kesuksesan ditempat kerja. Yang memiliki bisnis, manajer, dan eksekutif semua ingin memperoleh kerja hasil riil yang maksimum dari setiap karyawannya.

Di bagian beda, beberapa karyawan terjerat dalam kebiasaan kerja yang itu-itu saja — pergi kerja pagi buta, terbenam dalam setumpuk project dan rapat ini-itu, lalu pulang larut malam. Akhirnya? Pekerjaan yang semula kita sayangi jadi terasa capek menjemukan. Selanjutnya, minimnya produktivitas ditempat kerja mengakibatkan minimnya kebahagiaan Kamu keseluruhannya. Apesnya sekali lagi, bila Kamu tidak bekerja segiat dan seefektif rekanan kerja Kamu, masa depan pekerjaan periode panjang Kamu dapat terancam punah.

Psst… Sengsara ditempat kerja tidak perlu Kamu menjadikan sebuah pola hidup. Dengan 2016 juga akan selekasnya selesai, saat ini waktunya untuk bangkit dan mulai buka lembaran baru untuk bekerja lebih semangat dan produktif. Cobalah 10 taktik tepat ini yang juga akan buat Kamu bekerja lebih semangat dan senantiasa bahagia ditempat kerja.

Bekerja lebih semangat dan produktif, bagaimana langkahnya?
1. Dapatkan apa yang buat Kamu bahagia
Terdengar picisan, namun yakinlah ini juga akan sukses. Tidak perduli apa yang Kamu kerjakan atau dimana Kamu berada, awalilah bahagia mulai sejak detik ini.

Mulai dengan mencari suatu hal untuk disyukuri ; setiap orang memiliki paling tidak satu hal kecil untuk disyukuri. Tak tahu itu lokasi kantor yang strategis dekat dengan pusat jajanan enak, secangkir kopi hangat bikinan si mbak yang senantiasa menyongsong Kamu pada pagi hari, atau bahkan juga sebatas bayangan kasur dan bantal hangat yang menunggu kepulangan Kamu di rumah.

2. Buat meja kerja senyaman rumah Anda
Karena Kamu menggunakan demikian banyaknya waktu terpaku di meja kerja, bila Kamu ingin bekerja lebih semangat dan lebih produktif, kenapa tidak hiasi meja kerja dengan style ciri khas Kamu, misalnya dengan membawa boneka, pajangan meja, tas make up cadangan, bingkai diisi photo anggota keluarga atau kekasih hati, atau barangkali poster pujaan yang paling disayangi? Begitu, Kamu dapat buat diri Kamu nyaman dan enjoy di kantor, seperti di rumah sendiri. Pasti harus sesuai dengan kebijakan perusahaan, ya!

Yang perlu diingat, meja yang berantakan yaitu tandanya fikiran yang berantakan. Jadi, seramai apa pun dekorasi meja Kamu, tetaplah upayakan agar rapi dan bersih teratur. Waktu yang Kamu butuhkan mencari kertas-kertas penting yang terselip di suatu tempat sehari-hari yaitu waktu penambahan yang sesungguhnya dapat Kamu pakai untuk merampungkan pekerjaan Kamu.

3. Istirahat saat Kamu mulai merasa jenuh
Setelah ngopi dan sarapan sebentar, pagi hari memang jadi waktu yang paling tepat untuk menumpahkan semua tenaga dan fikiran untuk bekerja. Demikian jarum jam berubah sedikit menuju sore hari…

Kok rasa-rasanya mata telah mulai berat, ya? Untuk hindari kepergok si bos saat curi-curi tidur siang, cobalah bangkit dari kursi untuk ngulet atau berjalan-jalan sebentar ; mungkin ke pantry untuk isi air minum, ke toilet untuk bersihkan muka, atau keluar gedung untuk mencari camilan sore. Selingan singkat dari pekerjaan betul-betul dapat tingkatkan produktivitas Kamu dengan memompa aliran darah fresh mengalir lancar hingga sangat mungkin Kamu untuk kembali memelototi pekerjaan dengan mata fresh.

4. Kurangi multitasking
Walau bekerja erat hubungan dengan multitasking, ngotot untuk merampungkan lebih dari satu pekerjaan bersamaan malah dapat menghabiskan waktu bernilai dari pada berguna. Riset sudah tunjukkan kalau beberapa orang yang berusaha untuk melakukan dua atau lebih aktivitas sekaligus jadi jadi mudah teralihkan fikirannya, dan kwalitas pekerjaan mereka jelek.

Konsentrasi kerjakan satu pekerjaan di satu waktu sebelumnya berpindah ke project selanjutnya. Tidak tahu harus mulai dari tempat mana? Contek trick pomodoro untuk bantu Kamu lebih konsentrasi bekerja.

5. Jauhi makan siang jumlah besar
Saat kelaparan, sepiring besar nasi padang dan semangkuk es campur terlihat sangat menggoda iman. Tapi janganlah salah, makan siang membabi buta begini malah hanya juga akan isi perut kamu dengan gula simpel yang hanya sediakan energi tinggi namun sebentar. Akhirnya, Kamu juga akan makin loyo dan mengantuk di sore hari.

Sebaliknya, untuk jumlah makan Kamu dalam 4-5 kali session camilan sehat kaya protein, serat, dan anti-oksidan yang juga akan buat Kamu kenyang dan tetaplah konsentrasi lebih lama. Misalnya, secangkir greek yogurt dan granola bar mendekati makan siang, lalu semangkuk oatmeal dengan topping granola, buah-buahan, dan madu di sore hari.

6. Dapatkan kembali alasan Kamu bekerja sesungguhnya
Pada th. 1983 Steve Jobs memberikan keyakinan CEO Apple di masa depan John Sculley untuk meninggalkan pekerjaannya di PepsiCo dengan melemparkan satu pertanyaan : “Apakah Kamu ingin menggunakan sisa hidup Kamu berjualan air berperisa atau Kamu ingin merubah dunia? ”

Kenapa ini efisien? Terkecuali menyentil rasa mau tahu dan imajinasinya, pertanyaan itu berikan Scully peluang untuk melakukan sebuah pekerjaan yang memiliki makna baginya. Hal semacam ini juga sudah di dukung oleh riset dari Wharton profesor manajemen Adam Grant, yang sudah temukan kalau karyawan yang tahu bagaimana pekerjaan mereka memiliki arti dan efek positif pada seorang ain bukan sekedar merasa lebih bahagia dari pada mereka yg tidak, namun juga tambah lebih produktif.

Tidak perduli seberapa besar maksud pada akhirnya — temukan obat penyembuh HIV/AIDS atau berikan tawa pada pembaca Kamu — ketika Kamu ikut serta dalam aktivitas yang bermakna untuk Kamu, Kamu juga akan bekerja lebih semangat, lebih di inspirasi, senang, terpacu, dan bahagia.

7. Merayakan kemenangan, sekecil apapun
Setiap saat Kamu merampungkan satu pekerjaan dari daftar harian yang bejibun, kelegaan yang Kamu rasakan juga akan mendorong otak untuk melepas senyawa kimia dopamine yang bertanggungjawab untuk mood positif. Tak tahu itu dengan makan malam romantis dengan pasangan, beli gadget baru, nikmati sepotong permen, atau menyempatkan diri untuk memanjakan diri dengan pergi ke bioskop atau nyalon, dorongan dopamin juga akan memberi Kamu motivasi lebih banyak untuk makin bergerak maju dan melakukan lebih banyak sekali lagi.

Ketika terjerat di masa-masa susah, cobalah untuk mengingat keberhasilan di waktu dulu — tidak perduli seremeh apa pun itu — untuk menolong tingkatkan semangat dan keyakinan diri untuk meneruskan pekerjaan Kamu. Kepercayaan Kamu pada kekuatan sendiri dapat dibuktikan dapat mencerminkan kerja hasil riil yang lebih positif ditempat kerja.

8. Tersenyumlah
Kembali kenang memori indah mirip contoh diatas akan buat Kamu tersenyum. Suatu hal yang simpel seperti tersenyum dapat tingkatkan kebahagiaan Kamu ditempat kerja karena memberitahukan otak untuk jadi lebih bahagia, karena pelepasan senyawa neuropeptida. Tersenyum juga “menular” hingga buat rekanan kerja di sekitar Kamu turut tersenyum dan bekerja lebih semangat.

9. Dapatkan teman dekat ditempat kerja
Christine Riordan menyebutkan di Harvard Business Review kalau karyawan yang memiliki sahabat ditempat kerja memberikan laporan bekerja lebih semangat. Pekerjaan mereka juga jadi lebih mengasyikkan, dapat di nikmati, berguna, dan memuaskan. Diluar itu, memiliki sekumpulan rekan ditempat kerja dapat sediakan support, rasa persaudaraan, dan kesetiaan. Siapa sich, yang tidak mau ramai-ramai hangout karaoke-an rayakan keberhasilan project atau sebatas melepas stres?

10. Kerjakan ritual penyemangat sebelumnya mulai kerja
Apa Kamu lebih menyukai mulai hari dengan tenang, komplit dengan secangkir kopi hangat dan koran di tangan? Atau Kamu type orang yang juga akan bekerja lebih semangat dengan ditemani dentuman musik rock pada pagi hari sambil isi ulang tenaga? Apa pun itu, kerjakanlah suatu hal yang dapat mendongkrak semangat dan mood positif Kamu pada pagi sebelumnya mulai bekerja. Riset tunjukkan kalau ketika badan dan mental kita “didandani” untuk jadi lebih bahagia sebelumnya kerjakan suatu pekerjaan, kita juga akan bekerja lebih baik.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.