Selasa, 14 November 2017

Strategi dan Pengenalan Public Relations

Hasil gambar untuk Mengenal Lebih Dekat Public Relations

konsultan pr jakarta - Menurut Cutlip dan Center & Broom (2000) rencana program PR harus didasarkan pada analisa lingkungan kondisi dan keadaan seperti berikut :
  1. A searching look backward, yakni pencarian masa lalu atau histori organisasi untuk mengambil keputusan beberapa aspek yang memegang peran penting dalam kondisi yang tengah terjadi. 
  2. A deep look inside, yakni penelaahan pada sebagian kenyataan dan pendapat yang diperhitungkan, dilihat dari pojok maksud organisasi dan kekuatan internal organisasi. 
  3. A wide look around, yakni lihat kecenderungan-kecenderungan yang ada pada beragam segi (politik, sosial dan ekonomi) di sekitar kita, dan kondisi dan keadaan saat ini untuk gagasan yang akan datang. 
  4. A long, long looks ahead (jauh melihat ke depan) maksud dan proses program organisasi ditetapkan berdasar pada misi organisasi yang cukup realistic dan keringanan dalam menjangkau maksud. 
Beberapa langkah kegiatan Public Relation adalah :
  1. Menganalisis tingkah laku umum dan hubungan organisasi pada lingkungan. 
  2. Memastikan dan mengerti dengan benar tingkah laku masing-masing grup pada organisasi 
  3. Menganalisis tingkat opini public, baik intern ataupun yang ekstern.
  4. Menghadapi kecenderungan-kecenderungan, beberapa masalah yang mungkin, beberapa keperluan dan beberapa peluang. 
  5. Berencana alat atau cara yang sesuai untuk tingkatkan atau merubah tingkah laku grup orang-orang tujuan.
  6. Menggerakkan dan melakukan beberapa kesibukan sesuai sama program yang sudah direncanakan.
  7. Terima umpan balik untuk dievaluasi, lalu membuat penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan. 
Jadi, Gagasan program PR sama pentingnya dengan membuat suatu fondasi yang kuat untuk sebuah organisasi/perusahaan. Tanpa ada didahului oleh gagasan maka akan tidak menjangkau hasil yang memuaskan.

Public relation yang saat ini berkembang tidak ada kata beda adalah hasil dari pengembangan praktek hubungan orang-orang yang telah dikerjakan pada saat terdahulu. Tapi apakah Kamu telah mengetahui apakah itu Public Relations? Yap, sepintas arti humas yang saat ini berkembang jadi public relations kedengerannya memang bagus. Singkatnya mari kita mengetahui yang diberi nama Public Relations..

Histori perubahan Public Relations di Indonesia dengan rencanasional terjadi pada th. 1950-an. Saat itu berdiri organisasi HUMAS pertama kalinya di perusahaan perminyakan negara (Pertamina). Peran divisi HUPMAS (Hubungan Pemerintah dan Orang-orang) Pertamina ini sangat penting dalam usaha merajut hubungan komunikasi timbal balik dengan pihak client, rekanan bisnis, perusahaan swasta/BUMN/Asing dan orang-orang.

PR, singkatan dari public relations memiliki penambahan “s” dalam kata “relations” yang memberikan indikasi pengertian jamak. Berarti setiap hubungan dan komunikasi yang terjadi sebaiknya berbentuk timbal balik. Ia bukan sekedar searah saja.

Humas (Hubungan Orang-orang) atau juga dikenal jadi Public Relation jadi sebuah profesi adalah orang yang bertanggungjawab untuk memberi info, mendidik, memberikan keyakinan, mencapai simpati, dan menghidupkan ketertarikan orang-orang juga akan suatu hal atau buat orang-orang tahu dan terima sebuah kondisi.

Lihat juga : konsultan public relations

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.