Minggu, 01 April 2018

10 Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk Pemula


Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula

jasa pembuatan website jakarta - Search Optimization Engine atau SEO yaitu cara atau usaha-usaha yang dilakukan oleh yang memiliki situs untuk tingkatkan volume dan kwalitas trafik pengunjung. Bila pengunjung situs banyak maka tempat situs juga akan naik ke tempat paling baik yakni halaman pertama mesin pencarian (google).

SEO dibagi jadi 2 yakni : SEO Onpage dan OffPage.
1. SEO Onpage bermakna dari dalam atau halaman situs itu sendiri
2. SEO Offpage bermakna dari luar halaman website

Dalam peluang ini juga akan dibicarakan mengenai SEO Onpage.

Untuk memastikan tempat situs agar masuk posisi 10 besar di halaman pertama google berdasar pada keyword itu diperlukan beberapa langkah SEO. Memang tak ada tips khusus dari google tentang hal semacam ini. Tapi paling tidak berdasar pada pengalaman banyak blogger Optimalkan SEO onpage dapat dilakukan mulai sejak awal pembuatan situs (blog).

Ada 10 cara optimalkan search engine optimation onpage yang sahabat dapat kerjakan mulai sejak awal pembuatan situs (blog). Berikut rinciannya :

1. Penentuan Template

Langkah real pertama ketika membuat situs (blog) yaitu memastikan design atau template situs (blog). Walau telah ada template bawaan situs (blog). Sahabat dituntut untuk memiliki template yang sesuai sama niche dan harus SEO.

Untuk langkah awal memastikan template pakai 3 parameter ini : Kecepatan, Mobile Friendly dan Responsive. Janganlah memilih template hanya karena penampilannya saja tapi utamakan 3 parameter diatas. Untuk situs (blog) yang diisi informatif utamakan yang mudah dibuka di piranti mobile. Sedang situs (blog) yang diisi tutorial atau tips utamkan template dengan score 80%-100% versus desktop.

2. Judul Tulisan Blog

Buat semenarik mungkin judul situs (blog) dengan meletakan keyword dimuka. Usahkan Judul situs (blog) panjang dan yang tentu harus relevan dengan isi situs (blog). Janganlah buat judul yang terlalu over dan boombastis. Judul yang terlalu berlebih namun tidak cocok dengan apa yang dibicarakan di situs (blog) juga akan beresiko fatal pada pembaca. Pengunjung juga akan kecewa dan jemu. Bila telah demikian dapat di pastikan pembaca akan tidak bertandang sekali lagi ke situs (blog) sahabat.

3. Gambaran Pencarian

Sebelumnya artikel dipublish pastikan isi kolom gambaran pencarian di sudut kanan bawah setelan entri dengan gambaran isi tulisan yang singkat padat dan terang. Pastikan keyword yang dibidik ada pada gambaran itu. Menurut beberapa pakar blogger, gambaran pencarian ini sangat bertindak dalam membatu pembaca temukan keyword yang dikehendaki. Blogger pemula biasanya tidak memerhatikan bagian ini walau sebenarnya peranannya telah terang memberi gambaran pada tulisan yang ia catat.

4. Alamat Url

Sama dengan gambaran pencarian, sebelumnya artikel dipublish pastikan alamat url tidaklah terlalu panjang dan harus memiliki kandungan keyword. Url ini yaitu alamat halaman artikel yang juga akan dipertunjukkan di browser. Anjuran pakar blogger untuk memendekan alamat Url itu agar mudah diingat pembaca. Walau pendek namun harus tetaplah mengutamkan keyword yang dibidik.

5. Berikan Gambar di setiap Artikel

Setiap artikel yang juga akan dipublish pastikan ada info pendukung seperti gambar, video atau informasi grafik. Minimum berikan gambar sob. Janganlah lupa berikan atribut alt image. Bila ada gambar didalam tulisan situs (blog) sahabat juga akan mudah diketemukan oleh pembaca yang mencari artikel melalui google image. Tersebut penyebabnya terdapat beberapa gambar di google image. Sumbernya ya dari situs (blog).

6. Artikel Panjang

Tak ada patokan tentu berapakah panjang artikel yang disenangi google. Yang tentu makin panjang artikel itu makin disenangi google. Banyak pakar blogger yang menyarankan minimum 500 kata untuk setiap artikel yang juga akan di posting.

Tidak asal panjang ya sob.. artikel panjang menurut google itu diliat dari sisi pembahasannya. Makin panjang bahasanya maka juga akan terlihat baik di mata google. Bahkan juga ada pakar bloger yang mangajurkan untuk menulis artikel minimum 1500 kata. Waw... juga bagus sich.. itu bila telah ahlinya. bila masih tetap pemula 500 kata juga telah bagus sob.

7. Kata Kunci LSI

Latent Semantic Indexing atau LSI yaitu grup kata yang masih tetap terkait atau bersinonim dengan keyword utama yang tetap dalam satu tema bahasan. Sahabat harus menemuan keyword LSI ini sebelumnya menulis artikel dan menyisipkannya.

Cobalah tulis " Belajar situs (blog) " di google.
Saksikan bagian bawah sendiri " Searches related to belajar situs (blog) " terdapat beberapa sinonin dari keyword utama " Belajar situs (blog) " yang dapat dimasukan kedalam artikel. Sinonin bukanlah dimaknai kesamaan sepeti pelajaran di sekolah yaa.. tapi sinonin yang keterikatan dengan keyword utama.

8. Internal Link

Agar pengunjung dapat menelusuri situs (blog) dengan mudah buat internal link yang menghadap ke tulisan yang relevan. Cukup 2 sampai 3 link internal. Janganlah memasukan link yg tidak relevan dengan apa yang tengah ditulis. Contoh : Sahabat tengah menulis artikel mengenai " Cara belajar situs (blog) " namun didalam tulisan itu sahabat input link " Tips menyingkirkan jerawat untuk remaja 17 th. ".

Contoh yang relevan : Didalam artikel " Cara belajar situs (blog) " sahabat sisipkan link " Cara menempatkan menu navigasi situs (blog) ".

9. Buat Content yang Berkualitas

Content atau isi situs (blog) juga akan dipandang berbobot bila memiliki kandungan banyak info yang diperlukan pembaca. Kompliti tulisan dengan gambar atau video yang mensupport. Janganlah 100% full asal copy paste ya sob.. 

Pastikan sumber info yang juga akan di catat di situs (blog) terang aslinya atau minimum hasil praktik sendiri. Jikalau sangat terpaksa harus copy paste minta izinlah dari pemiliknya dan lampirkan sumber asal info itu.

10. Sosial Sharing

Gunakanlah tombol berbagi sosial media di situs (blog) sahabat. Saat ini banyak info yang dapat diviralkan melalui sosial media seperti facebook dan twitter. Walau tidak beresiko segera pada SEO tapi dengan terdapatnya info yang viral itu pengunjung juga akan mengetahui situs (blog) sahabat.

Setiap blogger memiliki rumusan rencana SEO onpage yang tidak sama. Dari demikian banyak ketidaksamaan itu tentu ada beberapa rencana yang sama. Jadi janganlah binggung yaa.. cocokkan saja dengan pengetahuan dan kekuatan sendiri untuk mengolah search engine optimation onpage.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.